Sinau Bareng Tentang Blogging Bareng Saung Literasi X Komunitas Bloger Megilan

Sinau Bareng - Minggu 17 November 2019 jadi hari yang mengesalkan sekaligus menyenangkan. Mengesankan karena saat menunggu duo Xi berlatih Taekwondo di BLK saya gagal menemukan toilet yang bisa dipakai. Di lantai bawah terdapat toilet yang letaknya di pelosok ruangan yang gelap dan tampak tidak terawat.


Di lantai dua, tepat di lantai tempat latihan Taekwondo dihelat, juga terdapat dua toilet. Sayangnya, kedua toilet tampak usang dengan air yang tidak mengalir. Untunglah ada pertemuan perdana dengan beberapa orang yang tertarik belajar seputar blogging. Jadilah kami makin bersemangat meluncur ke perpustakaan buat memulai babak baru kolaborasi antara Saung Literasi dan KBM alias Komunitas Bloger Megilan, Lamongan.

Walau molor sekitar setengah jam dari waktu yang dijadwalkan, sesi sinau bareng tetap berlangsung dengan gayeng. Byanka Miella Wafi atau akrab disapa Fifi menjadi peserta termuda yang belajar dengan penuh antusiasme. Fifi ternyata sudah memiliki blog yang ingin dia kembangkan dengan desain atau tampilan visual yang lebih memikat.

Dibantu Mbak Muna, bloger senior yang mengelola blog berplatform Wordpress dan Blogspot, Fifi tampak bersemangat mempercantik blognya. "PR-nya adalah update tulisan, Fi," pesan saya santai tapi serius. Fifi menanggapinya dengan tersenyum.

Bu Ifa, ibu satu anak, tak kalah antusias memperbarui isi blognya karena rupanya ia telah memiliki beberapa blog yang belum dikelola. Satu blognya bahkan mempunya niche tertentu yakni khusus membahas manfaat jamur putih yang ditargetkan sebagai blog utama untuk mendongkrak penjualan produk jamur salah satunya keripik jamur yang sudah dirintis dan tergabung di bawah dinas perindustrian setempat.

Pertemuan pertama dimulai dengan perkenalan dan pembuatan blog dari awal. Pada pertemuan berikutnya diharapkan pelajaran lebih lanjut seperti proses menulis kreatif, SEO, dan tips menang lomba blog, akan dipelajari agar aktivitas ngeblog semakin bermakna dan bermanfaat.


Comments

  1. Keren ya acaranya, sayang kemaren nggak bisa ikutan.
    Moga next time bisa lah..

    ReplyDelete
  2. Ayok dijadwalkan, kapan bisa Sinau bareng lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu muride nambah nih, biar makin meriah belajarnya.

      Delete

Post a Comment